Belajar Blog, Ilmu dan Pengalaman

Kamis, 01 November 2018

BUAH DARI HASIL KETEKUNAN {MAN JADDAH WA JADAH}

BUAH DARI HASIL KETEKUNANHasil menurut bahasa adalah sesuatu yang diadakan, dibuat atau dijadikan oleh usaha. Sedangkan tekun secara etimologi adalah rajin, keras hati, dan bersungguh-sungguh. Dari pengertian secara etimologi diatas dapat ditarik definisi bahwa hasil ketekunan adalah suatu harapan yang telah diwujudkan atau diperoleh dari kerja keras dengan tulus dan bersungguh-sungguh.

Ketekunan merupakan kunci keberhasilan dalam memperoleh cita-cita, karena dengan ketekunan serta keuletan dan terus berusaha dapat terwujud keinginan yang selalu diidam-idamkan. Walau sesungguhnya banyak rintangan yang menyerang untuk mencapai tujuan tersebut, baik berupa tekanan waktu, sikon, dan rasa tidak bersemangat selalu menjadi penghalang yang kemudian menyebabkan kejenuhan. Memang tidak mudah untuk melaksanakannya semua itu karena banyaknya hambatan yang menghalanginya.
Baca Juga
CIVIC EDUCATION
Namun, teruslah maju ke satu tujuan yang akan dicapai walalupun banyak halangan. Sebab, orang yang tekun akan terus berpegang teguh pada komitmennya sampai terpenuhi, seperti pepatah mengatakan; “man sharoh ‘ala dharbi wa sholah”,

Pantang menyerah, itu yang harus ditanamkan untuk mencapai suatu cita-cita yang sertai sikap disiplin dan rajin ikhtiarnya yang dilakukan secara rutin tepat waktu karna sesungguhnya waktu terus berputar, maju terus pantang mundur, walaupun badai menghantam demi tercapainya sebuah cita-cita yang mulai dalam mencetak generasi yang berkarakter.

Keberhasilan itu semua tidak lepas dari kerjasama yang telah dipupuk selama ini serta ikhtiar dan doa yang selalu di kemundangkan setiap waktu, melalui tahapan-tahapan berupa bimbingan dan didikan yang diantaranya yaitu: 1). Didikan dengan keteladanan. 2). Didikan dengan dialog, 3). Didikan dengan nasihat, 4). Didikan dengan latihan dan pengamalan, dan 5). Didikan dengan motivasi.

Dengan tahapan-tahapan tersebut maka, terasahlah bakat anak didik sejak dini, sebab bakat merupakan suatu karakteristik unik individu yang membuatnya mampu melakukan suatu aktivitas dan tugas secara mudah dan sukses. Oleh karena itu, perlu langkah-langkah agar bakat anak-anak dapat berkembang dan tidak lagi terpendam diantaranya adalah; a). perlu keberanian untuk memulai, berani gagal, yang mana keberanian akan mampu melihat jalan keluar. b). perlu adanya latihan yang secara terus menerus (kontinyu). c). lingkungan yang mendukung, dan e). memahami hambatan dan mengatasinya yang pada akhirnya kita akan merasa bangga dan bahagia.

Sumber:I.N. Perwita,Hasil Ketekunan, CV.ghyyas putra; Semarang, 2008

“Our greatest pride is not never fail, but bounced back every time we fall”
“Where there is great love, there are always miracles”
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Label