Belajar Blog, Ilmu dan Pengalaman

Rabu, 14 November 2018

PERJUANGAN BELUM BERAKHIR “DIBALIK KEGAGALAN TERTANAM MOTIVASI”

Ada banyak pembahasan tentang tips menghadapi kesuksesan. Tetapi itu semua, sama pentingnya menyiapkan sejumlah hal untuk menghadapi kegagalan. Jangan ukur seseorang dengan menghitung berapa kali dai jatuh, ukurlah ia dengan beberapa kali dia sanggup bangkit kembali. Secara sederhana kegagalan adalah situasi tak terduga yang menuntut transformasi dalam sesuatu yang positif. Kegagalan jangan biarkan sebagai sesuatu yang final, entrepreneur sejati, memandang kegagalan sebagai awal batu loncatan untuk memperbarui sebuah ide, dan strategi.

Kegagalan adalah sebuah kata yang biasa kita dengar. semua dari kita pasti pernah mengalami kegagalan, karena kegagalan adalah sisi lain dari keberhasilan. seperti mata uang dibalik keberhasilan pasti ada kegegalan. ada juga yang mengatakan kalo kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda. Berusahalah dan bergeraklah, karena dengan bergerak otomatis kita akan termotivasi. Kuatkan keyakinan dan bulatkan tekad jangan lupa berdoa agar niat tetap diluruskan. Karena dengan keyakinan kita akan diberikan oleh Allah SWT 100 jalanNya,
Hal ini sejalan dengan qoidah ushul fiqh yang berbunyi اليقين لا يزل بالشك dengan tekad kita menjadi jauh lebih fokus dan optimis dalam menghadapi masalah dan dengan niat baik Insya Allah kita selalu diarahkan ke jalan yang di ridhaiNya. Man Jadda Wajada. kemudian dalam ritangan itu sendiri kita pastinya selalu berusaha untuk melawanya, dan pada hakekatnya memang seperti itu, berusaha menjadi yang lebih baik dan terus mencoba, Kemudian Jika kita mampu melewati Rintangan dengan melakukan usaha tersebut maka kita akan mendapatkan Keberhasilan, dan jika kita menyerah, maka kegagalan yang akan didapatkanya. Nah ada 2 perspektif dalam pandangan ini, yaitu dimana letak kegagalan tersebut?

Jika selama anda mau berusaha dan bekerja keras, maka sebenarnya Anda Belum bisa dikatakan Gagal, karena masih ada proses yang anda lakukan, bisa dikatakan gagal apabila anda sudah berhenti melakukanya. dan Posisi gagal yang sebenarnya anda saat ini adalah pada posisi Rintangan bukan kegagalan,,,dalam hal ini rintangan ini akan mengajarkan kita menuju proses selanjutnya, dengan mengalami banyak rintangan maka banyak pula yang kita pelajari dalam hidup ini. jadi jangan anda menyerah sampai disini, selalu Optimis dalam menghadapi, Anda belum gagal jika belum berhenti. tetapi jika memang anda telah berhenti tetap akan menjadikan anda seorang yang kuat dalam mengalahkan langkah selanjutnya. untuk itu kegagalan atau rintangan anda sekarang ini adalah sebuah proses dimana anda sedang dipersiapkan untuk memperoleh keberhasilan.

Kegagalan itu Menggali Potensi yang ada dalam diri anda berapa banyak orang yang beralih profesi ketika gagal, begitu juga dengan anda sekarang ini, jika anda selalu dalam zona nyaman, maka anda tidak akan berubah dalam hidup ini, melainkan selalu berjalan lurus tanpa ada warna kehidupan. akan tetapi justru ketika anda gagal anda akan menemukan Potensi yang lain yang bisa anda jadikan peluang hidup ini dalam bentuk yang berbeda. Kegagalan adalah Pelajaran yang Berharga. Nah ketika kegagalan tersebut sedang menghampiri kita maka sebenarnya itu sebuah Pembelajaran untuk masa depan agar kita tau solusi apa yang harus kita lakukan ketika gagal itu datang pada kita. .

Kegagalan Mendekatkan Kita Pada Sang Pencipta untuk itu kegagalan adalah solusi terbaik untuk mengingatkan kita kembali padaNya,, justru ketika gagal melanda kita akan selalu ingat pada Allah, berdoa siang dan malam yang itu semua adalah sifat manusia kepada Allah, dimana kita sering lupa diri dalam menghadapinya. Kegagalan Memberikan Kekuatan dalam Kehidupan Gagal yang sedang anda alami sekarang ini sedang memberikan kekuatan dalam diri anda, dimana akan ada lagi sebuah proses yang sangat besar didepan anda, jika anda tidak memiliki pondasi yang kuat maka dipastikan anda akan robah dalam menghadapinya, untuk itu kegagaln yang kecil ini anda sedang dipersiapkan sebuah kekuatan dalam diri anda untuk menjadi seorang pemenang dikemudian hari.

Jika menyadari bahwa anda tidak berhasil mencapai tujuan pada suatu pekerjaan di mana telah dilatih untuk melakukannya, latihlah atau lengkapi dengan pekerjaan yang memberi peluang meraih yang lebih baik di masa depan.

Di akhir tuliasan ini ada sebuah ungkapan yang mengatakan “Jangan malu karena gagal, ..... seperti dikatakan Christopher Colombus, “Ketahuilah apa yang akan anda lakukan, lakukanlah dan jangan menunda kembali. Jika anda membuat kesalahan, buatlah kesalahan yang hebat, unsur masa pasti ada serta akhirnya segala sesuatu itu mempunyai waktu dan tempat yang wajar”.

sumber Bacaan, Bisri Mustofa & Khoironi Khoiruzzaman, Keberhasilan Usaha, Semarang: Ghyyas Putra, 2017
Muh. Thoha, Akhir Sebuah Keputusan, Semarang: Ghyyas Putra, 2008
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Label