Belajar Blog, Ilmu dan Pengalaman

Selasa, 12 April 2016

PROPOSAL PENELITIAN

PROPOSAL PENELITIAN
MOHAMMAD RUSDI. Peran Guru Ngaji dalam Membentuk Nilai-nilai Karakter Anak Usia Dini Di Mushalla An-Nashr Dusun Duko Barat Desa Pakong : Proposal penelitian Prodi Tarbiyah STAIN Pamekasan, 2016.

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah fakta bahwa saat ini telah terjadi demoralisasi di Indonesia yang menuntut adanya peningkatan kualitas pendidikan secara menyeluruh. Sebagai lembaga pendidikan Islam non formal, Mushalla An-Nashr merupakan lembaga pendidikan non formal yang menyelenggarakan pendidikan holistik dengan sistem membina rohani, intelektual dan mengaji serta praktik ibadah sejak usia dini.

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah:
Peran Guru Ngaji dalam Membentuk Nilai-nilai Karakter Anak Usia Dini Mushalla An-Nashr dan
Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan peran guru ngaji dalam Membentuk Nilai-nilai Karakter Anak Usia Dini Di Mushalla An-Nashr Dusun Duko Barat Desa Pakong.

Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam, dokumentasi, dan triangulasi. Teknik analisa data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan:
Peran Guru Ngaji dalam Membentuk Nilai-nilai Karakter Anak Usia Dini Di Mushalla An-Nashr Dusun Duko Barat Desa Pakong yaitu: merumuskan tujuan dan konsep pendidikan yang jelas, membentuk lingkungan yang kondusif, menetapkan tata tertib , serta membuat program kegiatan Anak Usia Dini yang bersifat harian,dan mingguan.
Faktor pendukung yang dialami Mushalla An-Nashr dalam Membentuk Nilai-nilai Karakter Anak Usia Dini antara lain: jiwa keagamaan, sikap positif anak, dukungan dari lingkungan, hubungan kerja sama antara Pengelola dengan orang tua, kharisma dan kewibawaan Pengelola, serta sistem yang diterapkan. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain: semangat belajar anak yang masih kurang, fasilitas yang kurang memadai, kurangnya tenaga pendidik, serta heterogenitas anak.

Kata Kunci: Peran guru ngaji, Nilai-nilai karakter, Anak
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Label